Warga Desa Dalemam Buka Akses PG Tjokro Toeloeng

KLATEN, KRJOGJA.com – Masyarakat Dukuh Cokro Kembang, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten membuka akses gua atau terowongan yang diduga buatan abad ke 18. Bangunan peninggalan sejarah tersebut menjadi salah satu potensi untuk sektor pariwisata.

Tokoh masyarakat setempat, H. Danang Heri Subiantoro (53), menuturkan, terowongan berlokasi di Dukuh Cokro Kembang RT 17/RW 5 dan berada di bawah rumah warga. Proses pembukaan akses masuk terowongan dimulai sejak November 2019 dengan cara gotong-royong dan swadaya masyarakat.

"Kami menamakan terowongan ini De Suikerfabriek (Pabrik Gula) Tjokro Toeloeng. Ini diperkirakan sudah ada sejak abad 18 atau sekitar tahun 1840 pada saat pabrik gula masih berdiri. Dimungkinan dulu terowongan ini berfungsi sebagai drainase atau sanitasi atau bangker," ujar Danang, Kamis (16/1/2020).

Dijelaskan, terowongan memiliki tinggi lebih dari 2 meter dan lebar 2,5 meter. Di dalam terowongan ada tiga cabang yang masih dalam proses penggalian sedimen. Terowongan utama yang sudah dibuka aksesnya sepanjang 90 meter. Terowongan tersebut diduga masih panjang dan terhubung ke pusat pabrik gula yang saat ini sudah berubah menjadi pasar.
"Sementara untuk masuk terowongan dibuka dari halaman rumah warga dengan kedalaman 6,25 meter. Terowongan ini berakhir ke pinggiran aliran Sungai Pusur. Rencananya nanti untuk wisata dan dipadukan dengan wisata sungai. Harapannya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya. 

Salah satu tokoh pemuda, Suryanto (43), menambahkan, saat ini masih dilakukan kegiatan gotong-royong untuk membersihkan dan membuka akses pintu masuk serta cabang terowongan yang ada di dalam. Selain itu juga membuat jaringan penerangan dan blower serta akses pendukung untuk pengamanan. (Lia)

BERITA REKOMENDASI