Warga Ikhlas Lahannya Terkepras Pembangunan Jalan

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Proyek perbaikan jalan di Desa Gondanglegi, Kecamatan Klego, yang dimulai pada April lalu, saat ini telah rampung. Dalam pembangunannya yang meliputi pelebaran dan betonisasi‎, banyak warga yang mengikhlaskan sebagian lahannya terkepras tanpa menuntut ganti rugi demi harapan agar akses transportasi menjadi lancar.

Dari pengamatan di lokasi, Rabu (27/9/2017), saat ini ruas jalan di Desa Gondanglegi yamg menjadi bagian dari perbaikan jalur Desa Tretes – Banyusari sepanjang 9 km serta menjadi jalur penghubung Desa Gondanglegi tersebut ke berbagai wilayah seperti Kecamatan Kemusu, Karanggede, dan Wonosegoro tersebut sudah mulus. ‎Jalur yang semula berbatu dan tanah liat saat ini sudah dibeton. Lebar jalan yang awalnya hanya 2,5 meter saat ini sudah menjadi 8 meter dengan pokok jalan selebar 6 meter.

Sukimin, salah satu warga Desa Gondanglegi yang mengikhlaskan lahannya seluas 100 meter persegi untuk proyek jalan mengatakan, ‎pembangunan jalan tersebut tentu sangat membantu warga dalam mendapatkan akses transportasi yang layak. Selain menjadi jalan penghubung antar desa, jalur tersebut juga kerap dilalui warga Boyolali untuk menuju Kabupaten Grobogan."Kalau jalur ramai dan lancar, tentunya bisa meningkatkan ‎kesejahteraan masyarakat," katanya.

Setelah selesainya pembangunan jalan di Desa Gondanglegi, ia berharap perbaikan terus dilakukan di ruas lain yang saat ini masih belum selesai. "Kalau bisa secepatnya agar akses bisa segera dimanfaatkan masyarakat," tambahnya.

Sebelumnya,‎ Kades Gondanglegi, Sungkono menuturkan, dalam sosialisasi rencana pembangunan, warga sepakat untuk merelakan sebagian lahannya untuk kepentingan pelebaran jalan. Perbaikan tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 4,2 miliar. ‎

"Kalau pembangunan menggunakan anggaran desa, peningkatan kualitas jalan akan selesai rampungnya. Sehingga saat ada rencana perbaikan dari Pemkab, warga langsung menyetujui dan sebagian bahkan merelakan lahannya terkepras tanpa menuntut ganti rugi," tuturnya.

Wakil Bupati Boyolali, Said Hidayat, juga mengapresiasi keguyuban warga Gondanglegi dalam mendukung pembangunan. Ia berharap pembangunan tersebut memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. "Terima kasih untuk warga yang penuh kesadaran dan keihklasan," tandasnya. (Gal)

 

BERITA REKOMENDASI