Warga Isoman Akan Dipindah ke Tempat Isolasi Terpusat

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi menegaskan, mulai Jumat (23/07/21) di wilayah Kab Klaten akan diberlakukan managemen kontijensi, karena angka konfirmasi positif covid-19 di Klaten cukup tinggi. Selain itu, warga yang isolasi mandiri akan dipindahkan ke tempat isolasi terpusat. Diutamakan ke Donohudan, baru ke tempat-tempat isolasi terpusat di Klaten.

“Angka aktif di Klaten sudah mendekati hampir 5.000. Seluruh pejabat Polda Jateng akan turun kesini dalam rangka memberikan briefing, mengevaluasi tentang kegiatan-kegiatan penanganan covid 19 di wilayah Klaten. Saya dan Pangdam akan turun langsung dalam rangka penetrasi barangkali perlu adanya suatu evaluasi penekanan terkait dengan masyarakat kita,” kata Kapolda di sela mengecek pelaksanaan vaksinasi massal di Polres Klaten, Kamis (22/07/2021).

Lebih lanjut Kapolda mengemukakan, langkah paling utama yang akan dilakukan Polda Jateng untuk penanganan covid-19 di Klaten, yakni pemindahan warga yang isolasi mandiri ke lokasi isolasi terpusat. Hal tersebut menurut Kapolda perlu dilakukan karena realita isolasi mandiri tidak efektif menekan angka penularan covid-19, dan justru menimbulkan kluster keluarga.

“Mari kita melaksanakan kegiatan dengan cara ikut isolasi terpusat. Karena isolasi terpusatnya telah kita siapkan, oleh Pemda dan Pemprop. Jadi di lokasi isolasi terpusat dikumpulkan, diobati, lalu 2 minggu pulang kita sehat kembali. Tidak usah takut, semua beban dibiaya oleh Pemda maupun Pemprop. Polri dan TNI nanti membantu untuk ikut serta dalam isolasi terpusat.Di Donohudan sudah siap untuk menampung warga Klaten. Besok akan kita mainkan itu, sehingga angka positif di Klaten bisa menurun,” jelas Kapolda.

Kapolda juga menjelaskan, gerai vaksin presisi di seluruh Jawa Tengah sebanyak 336 gerai yang setiap hari melakukan vaksinasi secara massal. Terhitung mulai Kamais (22/7/21), jatah vaksin 30 persen Polda Jateng akan dihabiskan dalam bukan Juli ini.

Untuk itu Kapolda menghimbau pada masyarakat, segera untuk melaksankaan vaksiansi ini. Diharapkan, hasilnya nanti akan meningkatkan ketahanan kesehatan masyarakat secara komunal. Dengan demikian minimal akan mengurangi beban terkonfirmasi positif Covid 19. (Sit)

BERITA REKOMENDASI