Warga Ringinmulya Isi Liburan dengan Amalan Khitan

KLATEN, KRJOGJA.com – Mengisi liburan sekolah, belasan anak usia SD dan SMP dari wilayah Kecamatan Klaten Selatan dan sekitarnya mengikuti amalan khitan yang diselenggarakan oleh warga Ringinmulya, Desa Danguran, Kecamatan Klaten Selatan Klaten. Kegiatan dilaksananakan di halaman Masjid Nur Hidayah, Ringinmulya, Rabu (25/12/2019).

Kepala Desa Danguran, Kamto Budi Santosa yang hadir dalam kegiatan sosial tersebut memberikan apresiasi tinggi. Ia menilai kegiatan sosial di hari libur sekolah tersebut sangat membantu, khususnya bagi keluarga kurang mampu yang ingin mengkhitankan anak-anaknya. Ia juga meminta kepada anak-anak peserta khitan untuk mentaati petunjuk medis, agar cepat sembuh dan bisa beraktivitas lagi. 

“Saya berterimakasih karena kegiatan ini sangat membantu. Misal saja ada anak sudah sekolah di SMP sudah pingin khitan tapi orangtuanya belum mampu kan bisa ikut dalam acara ini secara gratis. Saya berharap ini nanti juga bsia dilakukan warga di dukuh yang lain,” kata Kamto Budi Santosa.

Anak-anak peserta khitan didominasi dari Desa Danguran, dan sebagian dari Gantiwarno dan Bendogantungan. Antara lain Cholid Miftahul Rizky dari SDN Danguran I, Bagas Dwi Prasetyo SD Danguran I, Restu Aji Hidayat SMPN 7 Klaten, Dhipa SDN I Jabung Jombor Gantiwarno, Bagas Yunanto SDN I Jabung , Juliestiyan Eko Prasetyo SDN 2 Danguran, Muhammad Prasetyo SDN 2 Danguran, Dion Rafi Burhamzah Danguran I, Dafa Raisya Ramadhan SD I Danguran, Agus Tri Mulyono, SD Danguran 2, dan Angpili Huda Angprienan SD N 3 Glodogan.

Ketua Panitia Penyelenggara, H Sunaryo dan Sekretaris, Catur, mengemukakan, selain dikhitan, anak-anak peserta khitan juga diberikan sarung, baju koko, kopyah dan uang saku.

Bagas, salah satu anak peserta khitan mengaku senang sudah bisa dikhitan bersama teman-temannya. “Tidak sakit, senang sekarang sudah khitan,” kata Bagas.

Kendati demikian ada beberapa anak yang menangis saat dikhitan. Mereka didampingi oleh orangtua masing-masing atau sanak familinya. Amalan khitan melibatkan tim medis, terdiri lima orang. Yakni H Sunaryo, dan Badri dari RSUP dr Soeradji Tirtonegoro, Anto dan Samsul dari RS dr Soedjarwadi, serta seorang relawan Garendra Graha Swandana.(Sit)

BERITA REKOMENDASI