Warga Sraten Temukan Yoni Dekat Kuburan

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Benda diduga merupakan peninggalan purbakala berupa Yoni ditemukan warga di sekitar tempat pemakaman umum di Dukuh Sraten, Desa Pucangan, Kecamatan Kartasura. Temuan tersebut sudah dilaporkan warga dan pemerintah desa kepada petugas yang mengurusi benda purbakala.

Warga Sraten, Wiyono Saputro (46) mengatakan, ia yang menemukan benda diduga peninggalan purbakala berupa Yoni tersebut. Penemuan berawal saat dirinya melakukan penggalian tanah di sekitar tempat pemakaman umum.

Saat menemukan benda tersebut Wiyono mengaku sama sekali tidak tertarik, benda tersebut sempat dibiarkan tergeletak begitu saja. Wiyono kemudian menceritakan penemuan benda tersebut ke warga lainnya dan saat dilihat ada warga yang mengetahui benda tersebut merupakan Yoni diduga peninggalan purbakala.

Benda yang ditemukan tersebut memiliki ciri fisik berupa batuan dan memiliki lubang pada bagian tengah diduga untuk meletakan lingga atau arca. “Saya menemukannya Minggu (14/08/2016) kemarin dan sudah saya laporkan ke petugas baik RT dan desa,” ujarnya.

Usai penemuan tersebut warga kemudian melakukan penggalian bersama dilokasi awal ditemukannya Yoni. Hasilnya warga mendapati sejumlah batuan yang diduga merupakan peninggalan perbakala.

Kepala Desa Pucangan, Kecamatan Kartasura, Budiyono membenarkan adanya penemuan itu. Pihak desa sudah siap mengambil langkah apabila memang benda temuan tersebut merupakan peninggalan purbakala. (Mam)

BERITA REKOMENDASI