Waspada, Angka R Covid-19 di Klaten Naik Level

KLATEN, KRJOGJA.com – Angka reproduksi (R) penularan Covid 19 di Kabupaten Klaten meningkat tajam. Tingkat reproduksi penularan sebelum lebaran adalah 0,8 dalam artian satu orang yang positif Covid 19 belum tentu menularkan pada orang lain. Namun, saat ini reproduksi penularan pada level 2,2 – 2,3 dalam artian satu orang yang positif covid 19 bisa menularkan pada lebih dua orang, dan masing-masing bisa menularkan lagi pada lebih dua orang lainya.

Sehubungan hal itu, Asisten 1, Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Klaten, dr Rony Roekmito saat dikonfirmasi Minggu (21/6/2020) petang, menegaskan agar warga mematuhi protokol kesehatan. Peningkatan tajam penyebaran Covid di Klaten , menurut dr Rony, akibat tingkat kedisiplinan warga yang masih rendah.

Data Dinas Kesehatan menunjukkan, lonjakan tajam penambahan pasien positif Covid 19 terjadi pada 18 Juni 2020, sebanyak 15 orang. Tanggal 19 Juni penambahan 1 orang, dan tanggal 21 Juni kembali terdapat penambahan dengan angka yang signifikan, yakni sebanyak 8 orang. Dari 8 orang tersebut merupakan satu keluarga besar yang tinggal di dua rumah terpisah.

BERITA REKOMENDASI