Waspada Lur! Akun WA Wakil Bupati Klaten Dicatut Untuk Menipu

Editor: Agus Sigit

KLATEN, KRJOGJA.com – Nama dan foto Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya dicatut oknum untuk membuat akun Whatshapp palsu, dan diduga digunakan sebagai alat melakukan penipuan.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Klaten, Amin Mustofa, Senin (21/3/2022) mengemukakan, akun Whatshapp dengan nomor 0821 4085 0608 mengatasnamakan Wakil Bupati Klaten Yogya Hardaya tersebut beredar dimasyarakat sejak Sabtu (19/03/2022). Modus yang dilakukan pelaku adalah, dengan mengaku sebagai Wakil Bupati Klaten, akan memberikan bantuan donasi bagi panti asuhan, pembangunan Masjid Al-Muttaqun Prambanan dan Masjid Baiturrahiem.

Sehubungan hal tersebut, Dinas Kominfo bergerak cepat untuk konfirmasi pada Wakil Bupati, dan ternyata nomor WA tersebut bukan milik Yoga Hardaya.

“Sudah kami konfirmasikan pada Pak Wakil Bupati. Beliau bilang kalau nomor HP itu bukan milik Pak Wakil Bupati,” kata Amin Mustofa.

Akun palsu yang mengatasnamakan Yoga Hardaya dilengkapi pula foto wakil bupati berpakaian adat Jawa, dan nama lengkap H.Yoga Hardaya,S.H.,M.H pada profil.

Dalam pesan WA, oknum yang mengaku wakil bupati berpura-pura akan memberikan bantuan. Selanjutnya minta dikirim nomor rekening calon penerima bantuan.

Maraknya penyebaran hoax atau akun palsu mengaku pejabat Pemerintah Kabupaten Klaten bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya juga tersebar akun yang mengatasnamakan Bupati Klaten Sri Mulyani.

Beredarnya akun palsu ini sudah ditangani dan diklarifikasi Diskominfo Kabupaten Klaten.

Amin Mustofa menghimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan adanya pihak yang tidak bertanggungjawab dan mengatasnamakan pejabat publik. “Saya minta masyarakat hati-hati, jangan mudah percaya jika ada orang yang mengatasnamakan pejabat, menghubungi mau memberikan bantuan,” kata Amin Mustofa. (Sit)

BERITA REKOMENDASI