Wayang Topeng Langka Dipentaskan Lagi

KLATEN, KRJOGJA.com – Wayang topeng merupakan kesenian Jawa yang sudah langka, kini dipentaskan kembali oleh Dewan Kesenian Kabupaten Klaten, di Joglo Monumen Juang 45 Klaten. Mengambil cerita 'Jaka Bluwa', pentas berdurasi sekitar 2 jam dengan pemain para dalang yang tergabung dalam Paguyuban Magada (Mahanani Ati Guyub Dalang Anom) Kabupaten Klaten.

Ketua Komite Tari Dewan Kesenian Klaten, Suyanto SPd, Selasa (4/12), pentas dikemas dalam perpaduan tari dan adegan cerita. Ada jejer, dayohan, bedhol jejer, paseban jawi, budhalan, perang gagal, dan lain lain. Penyajian seakan akan seperti sedang mbarang, ada penerangan oncor, ideran tambir pengumpulan uang kepada penonton yang ditempatkan dalam posisi duduk lesehan.

Semua pemain terdiri para dalang sungguhan, termasuk juga para penabuh gamelan yang mengiringinya, dengan penambahan anggota keluarga dalang. Semua pelaku cerita mengenakan kostum pewayangan atau yang menggambarkan tokoh yang diperankan, dengan mengenakan topeng. Cerita mengalir segar karena banyak tampilan kocak, baik dalam gerakan tari maupun jejeran.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Suyanto, tampilan yang menghadirkan suasana jaman dulu tersebut, dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan sekaligus upaya pelestarian.  Setelah pentas selesai, dilanjutkan dialog dengan ahli seni tradisi, untuk mengulas wayang topeng dalang ini dari aspek joget, penyajin, maupun lakon. (Sit)

BERITA REKOMENDASI