Weru Jadi Pusat Tanaman Kedelai

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Tanam kedelai di lahan seluas 1.000 hektar kembali dilakukan petani dengan dipusatkan di wilayah Kecamatan Weru. Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo berharap hasil panen melimpah untuk membantu ketersediaan stok pangan nasional.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Netty Harjianti, Selasa (6/6) mengatakan, Kabupaten Sukoharjo menjadi salah satu lumbung pangan andalan di Provinsi Jawa Tengah. Pemerintah pusat memberikan target bahan pangan baik beras, kedelai dan termasuk jagung.

Penanaman kedelai sengaja dipusatkan di wilayah Kecamatan Weru karena dianggap cocok. Wilayah disana memiliki kadar air tidak terlalu tinggi dan tekstur tanahnya layak untuk ditanami kedelai."Sudah dua atau tiga tahun ini Weru jadi basis andalan Sukoharjo untuk tanam kedelai. Harapan kami tahun ini hasil panen melimpah dan kualitasnya baik,” ujar Netty.

Penanaman kedelai, kata Netty n dilakukan petani pada Juni ini menunggu hasil panen padi. Usai panen padi tanpa menunggu lama Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo meminta petani langsung melakukan persiapan tanam kedelai. Kendala dihadapi yakni berkaitan dengan perubahan cuaca tidak menentu.

"Melihat cuaca sekarang memang sulit ditebak kadang panas terik lama dan beberapa saat hujan. Hujan memang masih kami harapkan karena secara keseluruhan tanaman pangan baik padi, kedelai dan jagung butuh air cuma dibedakan kadar atau kebutuhannya saja," lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI