WFH Tak Pengaruhi Kerja ASN Sukoharjo

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo memastikan Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap bekerja normal seperti biasa meski diberlakukan dua sistem baik di kantor maupun di rumah atau Work From Home (WFH). Pekerjaan para pegawai tetap dikerjakan hanya menyesuaikan tempat akibat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Disisi lain, pelayanan pada masyarakat juga tetap berjalan dan tidak mengalami gangguan.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Budi Santoso, Senin (11/01/2021) mengatakan, kerja ASN tetap terpantau meski sekarang sudah diterapkan WFH seiring diterapkannya PSBB. Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unit kerja tetap bertanggungjawab penuh atas kerja pegawainya.

Pengawasan juga dilakukan Pemkab Sukoharjo melalui OPD terkait terhadap kerja ASN. Sebab terhitung 11-25 Januari para ASN secara bergantian memiliki kesempatan kerja di kantor dan di rumah sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh masing masing OPD tempatnya bekerja.

Para ASN dimungkinkan tidak mengalami kesulitan kerja di kantor dan di rumah setelah sebelumnya Pemkab Sukoharjo pernah menerapkan WFH. Pemkab Sukoharjo meminta pada ASN tetap bertanggungjawab terhadap pekerjaanya.

“ASN tetap bekerja normal seperti biasa selama WFH. Artinya pekerjaan bisa dikerjakan di kantor dan di rumah secara bergantian karena PSBB. Tidak ada kendala sebab ASN pernah menerapkan WFH sebelumnya,” ujarnya.

Selama penerapan WFH para pimpinan OPD mendapat tanggungjawab tidak hanya memantau pekerjaan ASN saja, namun juga pergerakan pegawai. Para ASN selama bekerja dari rumah dilarang pergi ke luar daerah sendiri tanpa seizin resmi Pemkab Sukoharjo. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona.

Plt Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Sukoharjo, Sumini, mengatakan, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Sukoharjo sudah mengeluarkan surat edaran (SE) tertanggal 8 Januari dengan nomor 800/97/2021 tentang Pelaksanaan WFH selama masa PSBB. (Mam)

BERITA REKOMENDASI