Winarno Resmi Gantikan Abubakar Sebagai Anggota DPRD Sukoharjo

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Satu kursi anggota DPRD Sukoharjo dari Fraksi PAN diserahterimakan dari Abubakar diganti Winarno melalui mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW). Keduanya berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) V meliputi Kecamatan Mojolaban dan Polokarto. Rapat paripurna istimewa untuk pengesahan pergantian anggota tersebut digelar di gedung DPRD Sukoharjo, Senin (26/03/2018).

Ketua DPRD Sukoharjo Nurjayanto mengatakan, PAW terhadap anggota DPRD Sukoharjo dari Abubakar ke Winarno digelar setelah ada pengajuan dari DPD PAN Sukoharjo. Selanjutnya dilakukan proses sesuai dengan ketentuan seperti koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan meminta izin persetujuan kepada Gubernur Jawa Tengah.

Proses tersebut akhirnya selesai setelah muncul Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 170/13 Tahun 2018 tentang Peresmian Pemberhentian dan Peresmian Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Sukoharjo. Nama yang disebutkan yakni Abubakar diganti oleh Winarno.

Setelah mengantongi Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah maka DPRD Sukoharjo kemudian menggelar rapat paripurna istimewa PAW. Winarno sendiri akan ditempatkan di Komisi 1 DPRD Sukoharjo menggantikan posisi Abubakar.

Penempatan posisi tersebut sesuai Pasal 48 ayat 10 Peraturan DPRD nomor 1 Tahun 2015 sebagaimana yang telah diubah dengan Peraturan DPRD Sukoharjo Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tata Tertib (Tatib) DPRD Sukoharjo isinya anggota DPRD melalui PAW menduduki posisi di komisi yang digantikan.

"Proses PAW anggota DPRD Sukoharjo dari Abubakar ke Winarno sudah melalui proses aturan yang ada. Setelah dilantik maka Winarno akan menempati posisi Abubakar di Komisi 1 DPRD Sukoharjo," ujar Nurjayanto.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya saat mengikuti rapat paripurna di gedung DPRD Sukoharjo mengucapkan selamat pada Winarno. Selanjutnya Winarno diminta untuk segera menyesuaikan diri dan menjalankan tugas.

Anggota DPRD Sukoharjo yang baru saja dilantik Winarno mengatakan, siap menjalankan amanah sebagai anggota DPRD Sukoharjo. "Saya siap menjalankan tugas sebagai anggota DPRD Sukoharjo dengan baik," ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI