Zona Hijau, Desa Kemudo Percontohan PPKM Mikro

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Desa Kemudo Kecamatan Prambanan Klaten menjadi percontohan penerapan PPKM Mikro. Pemerintah desa setempat berhasil menekan kasus Covid 19, sehingga kini sudah dalam kategori zona hijau.

Sehubungan hal itu Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, Dandim 0723 Klaten Letkol Inf Joni Eko Prasetyo bersama sejumlah pejabat melaksanakan pengecekan penerapan PPKM Mikro di desa tersebut, Selasa sore (23/02/2021). Kepala Desa Kemudo, Hermawan Kristanto mengemukakan, sebelum kembali ke zona hijau, total warga yang terpapar Covid 19 akhir Desember 2020 hingga Januari 2021 sebanyak 26 orang.

Sebelumnya sudah ada 4 warga yang positif Covid 19, sehingga total sebanyak 30 orang. Selanjutnya pemerintah desa mengambil langkah sigap, yang kontak erat dengan penderita dibiayai dari desa, untuk rapid antigen.

“Biayanya memang agak tinggi, tapi ini konsekuensi kita agar masyarakat tidak panik, psikologis terjaga, dan masyarakat mudah diarahkan saat harus isolasi mandiri,” kata Hermawan Kristanto.

Warga yang isolasi mandiri diberi jatah hidup sebesar Rp 30 ribu/orang per hari, selama isolasi. Biaya diberikan pada PKK di tingkat RT/RW, untuk mencukupi kebutuhan warga yang isolasi tersebut.

“Setiap sore, ibu-ibu PKK menyapa melalui WA menanyakan kebutuhan warga yang isolasi. Jadi mereka merasa kita perhatikan,” jelas Hermawan pula.

Kapolres dan rombongan membagikan 30 paket sembako, meninjau pembuatan masker, usaha UMKM, warung hidup serta ruang isolasi mandiri di Desa Kemudo. Kegiatan pengecekan dilakukan untuk memastikan penerapan program PPKM Mikro yang diinstruksikan pemerintah berjalan dengan baik di seluruh desa di Klaten.

Kapolres menambahkan, posko PPKM Mikro sudah didirikan di seluruh desa di Klaten, total 401 Posko dan semuanya sudah berjalan efektif. Hasilnya ada penurunan penyebaran covid-19 sekitar 40% sejak diberlakukannya PPKM Mikro.

Joni Eko Prasetyo berharap, hal yang dilakukan oleh Desa Kemudo bisa ditularkan ke desa-desa lain. Dengan demikain, angka penularan dan kematian akibat covid-19 semakin bisa ditekan sekaligus meningkatkan angka kesembuhan. (Sit)

BERITA REKOMENDASI