39 Ribu Rampung Tahun 2019, Realisasi Sertifikat PTSL Lampaui Target

KUDUS, KRJOGJA.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kudus
berhasil menyelesaikan penerbitan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019 sebanyak 39.811 sertifikat. Jumlah itu melampaui target yang dicanangkan 36.000 sertifikat. Hal itu diungkapkan Kepala BPN Kudus, Hari Sulistiyo, saat penyerahan 1.405 sertifikat PTSL sejumlah desa di Balai Desa Kecamatan Kaliwungu, Jumat (27/12/2019). 

“Dari 39.811 sertifikat, sebanyak 23.500 sertifikat sudah kami bagikan dan sisanya akan kami serahkan pada tahun 2020,” ujarnya, dalam kegiatan yang dihadiri Plt Bupati Kudus HM Hartopo, Kapolres AKBP Catur Gatot Efend, Dandim 072 Kudus Letkol Arm Irwansah, serta Muspika Kaliwungu dan tokoh masyarakat setempat.

Hari menyatakan rasa terimakasihnya kepada seluruh pihak yang telah membantu selama proses PTSL mulai dari perangkat desa hingga masyarakat, hingga sertifikat diserahkan ke warga yang berhak. Hal senada disampaikan Plt Bupati Kudus, HM Hartopo. Pihaknya juga mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam proses pembuatan sertifikat mulai dari BPN hingga kepala desa beserta perangkatnya yang
telah bekerja keras, sehingga target yang dicanangkan dapat terlampaui. 

“Ini merupakan keberhasilan bersama antara BPN, Pemerintah Kabupaten Kudus dan semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan sertifikat,” ungkapnya.

Pihaknya berpesan kepada warga penerima sertifikat agar dapat menjaganya dengan baik, dan apabila dibutuhkan dapat dijadikan sebagai agunan untuk memperoleh modal usaha produktif sehingga dapat terus berkembang nilainya. 

“Sertifikat ini menjadi bukti kalau tanah yang mereka miliki legal dan menjadi hak pemiliknya,” katanya.(Trq)

BERITA REKOMENDASI