42.500 Warga Pati Belum Miliki E-KTP

Editor: KRjogja/Gus

PATI  (KRjogja.com) – Tingkat kesadaran warga kabupaten Pati dalam mengurus KTP sangat rendah. Dari 977.000 ribu penduduk yang seharusnya merekam E-KTP ternyata masih ada 42.500 yang belum merekam data. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Pati, drs H Rubiyono MM, Rabu (21/3).

"Kecamatan yang jumlah warganya paling banyak belum merekam E-KTP terdiri Sukolilo, Kayen, Tambakromo, Jaken, dan Kecamatan Tayu. Jumlahnya mencapai 3000 per kecamatannya" tambah Rubiyono.

?Tingginya angka tersebut, salasatu faktor penyebabnya, karena banyak warga yang bekerja sebagai TKI di luar negeri.

Menurut pejabat yang biasa dipanggil Ruby ini, guna  mendukung pelaksanaan  Pileg dan Pilpres2019,  pihaknya  mempersiapkan perekaman data E-KTP yang lebih maksimal ke sasaran warga  usia 15 tahun, atau setingkat kelas III SMP/MTs. 

?Sementara itu, menjelang Pilgub Jateng 2018, pihak PPK mengimbau warga agar mengurus kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP).

?”Ini supaya warga bisa mendapatkan haknya saat pilgub,” ujar Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Dukuhseti, Supriyadi.

?Jumlah pemilih pemula dalam daftar pemilih sementara (DPS) hasil pencocokan di Pati, saat ini tercatat lebih dari 40 ribu orang. Sehingga perlu dilakukan langkah sosialisasi perekaman data. (Cuk)

 

BERITA REKOMENDASI