42,4 KM Kawasan Pantai di Kendal Rusak, Bupati Dico Serukan Pemulihan Ekosistem

KENDAL, KRJOGJA.com – Pantai Utara Jawa (Pantura) di Kabupaten Kendal memiliki panjang 42,4 KM, sepanjang wilayah pantai tersebut kini kondisinya memprihatinkan karena banyak yang terkena abrasi. Untuk menguranginya perlu dilakukan perbaikan ekosistem. Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021, Bupati Kendal Dico Ganinduto menyerukan perbaikan ekosistem di wilayah pantai.

Salah satu caranya adalah dengan menanam tanaman yang bisa mengurangi abrasi, salah satunya adalah tanaman Cemara laut. Sebanyak 1000 pohon Cemara laut ditanam di pantai Karang Asri Desa Karangmalang Wetan Kecamatan Kangkung Minggu (6/6/2021).

Bupati Dico mengaku prihatin dengan kerusakan pesisir pantai karena abrasi ini. Dirinya bertekat akan memperbaiki dengan memanfaatkan kawasan pantai menjadi obyek wisata. “Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini kami membantu wilayah pantai agar terhindar dari abrasi dan selanjutnya menjadikanya wisata pantai seperti yang kami lakukan pada pantai Karang Asri,” ujar Dico.

BERITA REKOMENDASI