459 Siswa SMAN 1 Purwodadi Dikirim ke Rindam Diponegoro

GROBOGAN (KRjoogja.com) – Sebanyak 459 siswa kelas X SMAN 1 Purwodadi Grobogan dikirim ke Resimen Induk Kodam (Rindam) IV Diponegoro  di Magelang untuk mengikuti pelatihan mengenai bela negara. Mereka dilepas oleh Dandim 0717 Purwodadi Letkol Arh Jan Piter Gurning pada apel pemberangkatan di halaman SMAN 1 Jalan R Suprapto Purwodadi, Senin (26/09/2016)

“Mereka akan mengikuti kegiatan bela negara selama tiga hari. Kegiatan ini memiliki tujuan khusus, yaitu untuk meningkatkan rasa kecintaan remaja kepada negara dan bangsa,” kata Dandim usai pelepasan.

Banyak hal yang akan didapat para siswa selama tiga hari di Rindam IV
Diponegoro, ujar Dandim, selain pelatihan tentang kepemimpinan, dan kerjasama tim, juga akan mendapat pembekalan pengetahuan untuk menangkal kenakalan remaja, misalnya pencegahan narkoba. “Dalam pelatihan bela negara ini berbeda dengan sistem pelatihan militer. Jangan disamakan antara pendidikan bela negara dengan pendidikan militer. Kalau mereka ini porsinya tentang wawasan kebangsaan,” terang Dandim.

Sementara Kepala SMAN 1 Purwodadi Amin Hidayat menjelaskan,  kegiatan bela negara wajib diikuti siswa kelas X. “Program kegiatan bela negara wajib diikuti siswa, sebab SMAN 1 Purwodadi ditunjuk sebagai sekolah unggulan. Bagi siswa yang tidak bisa ikut tahun ini, kami minta untuk membuat surat pernyataan untuk mengikuti tahun depan,” terangnya. (Tas)
 

BERITA REKOMENDASI