500 Pohon Hijaukan Pesisir Sendang Kulon

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Sedikitnya 500 bibit tanaman yang terdiri dari 400 pohon cemara laut dan 100 bibit tanaman sawo kecik, ditanam di pesisir Sendang Kulon tepatnya di Pantai Pening Kangkung Kendal, Rabu (26/08/2020). Penanaman ini dilakukan untuk mencegah abrasi air laut yang kian parah.

“Pohon cemara ini memiliki dayan tahan yang sangat bagus terhadap air laut, dan juga pohon ini tahan terhadap guncangan angin. Maka sangatlah cocok pohon ini ditanam di pinggir pantai untuk mencegah abrasi,” ujar Danramil Cepiring Kapten Esti.

Selain itu pohon cemara laut yang di tanam di pesisir pantai ini akan menimbulkan rasa sejuk karena pohon ini memiliki daun yang rimbun sehingga mampu membuat daerah sekitar pantai terasa sejuk. “Tidak hanya itu kegiatan penanaman pohon juga menciptakan wilayah pesisir Sendang Kulon tepatnyapantai Pening menjadi asri, nyaman, dan dapat dirasakan oleh masyarakat,” lanjutnya.

Sementara itu Camat Kangkung, Ardhi  Prasetyo mengatakan bibit pohon ini bantuan dari  Kodim 0715 Kendal. “Ada  500 bibit tanaman yaitu terdiri 400 bibit cemara laut dan 100 bibit tanaman sawo kecik. Ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan lingkungan hidup,” kata camat Kangkung. (Ung)

BERITA REKOMENDASI