Angin Kencang Sapu Atap Trade Center Kudus

Editor: KRjogja/Gus

KUDUS, KRJOGJA.com – Angin kencang menyapu atap gedung Trade Center di Jalan AKBP Agil Kusumadya yang baru dibangun tahun 2017 senilai Rp 12,46 miliar, serta atap Mapolsek Mejobo saat hujan deras selama dua jam mengguyur wilayah Kudus, Jumat (16/11) petang. Angin kencang juga menumbangkan belasan pohon turus jalan hingga menghambat laju kendaraan.

 

Di antaranya menimpa mobil Toyota Avanza K 9149 ZB milik Ali, guru SMP di daerah Kecamatan Kaliwungu Kudus, yang berada di sekitar Gedung Olahraga (GOR) Wergu Wetan. Pohon tumbang menimpa rumah warga di komplek perumahan di Desa Jepang Pakis Kecamatan Jati, serta memutuskan jaringan listrik. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Hingga pukul 20.30 semalam, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih bekerja keras menyingkirkan pepohonan yang menutup jalan dan menimpa rumah warga. Sejumlah pekerja juga turun membersihkan atap galvalum yang terlempar di Jalan Raya Kudus Kota- Semarang, tepatnya di barat terminal bus induk Desa Jati Wetan Kecamatan Jati.

Berdasar pantauan KR di lapangan, ruas jalan utama Agil Kusumadya di lajur timur  sepanjang sekitar 150 meter ditutup petugas Polres Kudus, guna memberikan kemudahan pembersihan atap galvalum yang berserakan di jalan. Mobil dari arah Kudus Kota dialihkan ke lajur sebelah barat menuju Semarang. Padamnya listrik menimbulkan kendala evakuasi atap yang jatuh.

Menurut kesaksian penjaga gedung Trade Center, Agus (58), peristiwa lepasnya atap bangunan terjadi saat hujan deras disertai angin kencang sekitar pukul 17.00. “Angin kencang menyambar atap dan jatuh di jalan raya, tetapi tidak sampai menimpa kendaraan,” ujarnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Bergas Catursasi Penanggungan melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Atok Darmobroto mengungkapkan, dahan patah dan pohon tumbang terjadi di Jalan Johar, komplek GOR Wergu Wetan, Jalan Cut Nyak Dien Mlati Kidul, sekitar Pasar Doro Desa Gulang, seputar SMP 4 Kudus, dan Jalan Lingkar Panjang.

Dua atap bangunan Gedung Trade Center dan Mapolsek Mejobo, terlempar disapu angin kencang. “Sebuah mobil mengalami kerusakan akibat tertipa pohon tumbang,” katanya.—(Trq)

 

 

BERITA REKOMENDASI