Aplikasi Selaseto, Masyarakat Tak Bisa Tebang Pohon Sepihak

PATI KRJOGJA.com – Kasubbag Umum dan Kepegawaian Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Kabupaten Pati Kristina Inti Retnoningrum ST, MM mampu menemukan inovasi baru berupa aplikasi penerapan pengawasan dan perawatan pohon yang tumbuh di ruas jalan menjadi aset pemkab  Pati. 

"Masyarakat tidak bisa merusak atau menebangnya secara sepihak. Ide inovasi baru ini, saya jadikan proyek perubahan (Proper) sebagai peserta Diklat Pim IV Angkatan 18 Tahun 2018 BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Yakni, melalui terapan menyusun tentang Sistem Pelaporan Aset OPD (Selaseto) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati" tambahnya.

Dia menjelaskan guna melindungi aset yang manfaatnya dirasakan pengguna jalan raya tersebut, diatur dalam peraturan daerah (perda). Jadi, sekarang pohon pinggir jalan,  tidak boleh lagi dipaku gambar caleg atau parpol.

Bupati Pati, H Haryanto SH MM MSI mengungkapkan jika aplikasi Selaseto, merupakan bagian dari upaya penyelamatan aset pohon di pinggir jalan. "Semua pohon akan dicatat, mulai berapa jumlah dan jenisnya. Sehingga jika ada satu yang hilang, maka akan diketahui" katanya.

Bupati Pati berharap aplikasi Selaseto segera dipadukan dengan aplikasi lain yang sudah diluncurkan pemda sebelumnya, dan harus bisa diakses seluruh OPD. ( Cuk )

BERITA REKOMENDASI