Banyak Penyelewangan Dana Desa, Warga Poncorejo Demo

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Ratusan warga Desa Poncorejo mendatangi Balai Desa Poncorejo meminta penjelasan terkait kerusakan pada jalan beton yang baru dibangun oleh pemerintah desa itu, Senin (25/11/2019). Jalan yang baru selesai dibangun pada bulan Juli itu sudah mengalami kerusakan di beberapa titik meski belum genap empat bulan lamanya selesai.

Warga menduga hal itu dikarenakan ketidaksesuaian standar pembangunan jalan beton tersebut. Perwakilan warga, Sucipto mengatakan pembangunan tersebut menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Desa.

Baca juga :

Lulusan BLK Kendal Dilatih Di PT Terryham Proplas
Semua Sepakat, Akhirnya Lokalisasi Gambilangu Kendal Ditutup

"Ini membuat warga menjadi bertanya kenapa baru dibangun sudah rusak. Kalau memang retak ini karena tanahnya labil, seharusnya dilakukan penguatan struktur tanah tidak langsung dicor," ujar Cipto.

Menurutnya pemerintah desa seharusnya melakukan konsultasi kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataaan Ruang (DPUPR) terkait teknis pembangunan sehingga proses pembangunan sesuai dengan teknis semestinya. Selain meminta penjelasan pembangunan pembetonan jalan, pihak warga juga meminta penjelasan terkait bantuan untuk renovasi Rumah TIdak Layak Huni (RTLH) di Desa Poncorejo.

"Warga yang mendapatkan RTLH menerima bantuan material sebesar Rp 10 juta, namun yang diberikan hanya Rp 8 juta karena Rp 2 jutanya digunakan untuk pengurusan administrasi dan pajak. Namun setelah diterima material yang diberikan nilainya sendiri tak sampai dari empat juta. maka dari itu kami mempertanyakan hal itu," katanya.

Dalam pertemuan itu antara pihak pemerintah desa dengan para warga dimediasi oleh Camat Gemuh dan Kapolsek Gemuh. Hal itu agar tidak memunculkan tindakan represif dari kedua belah pihak.

"Tadi sudah disepakati bahwa jalan yang retak akan dilakukan perbaikan dari pihak penyedia cor, sedangkan untuk penerima RTLH akan dilakukan klarifikasi terkait bantuan tersebut," jelas Camat Gemuh, M Fatoni seusai pertemuan. (Ung)

BERITA REKOMENDASI