Bertemu Menteri Perikanan dan Kelautan, Nelayan Juwana Inginkan Ini

PATI, KRJOGJA.com – Wabup Pati, H Saiful Arifin SE mendampingi Paguyuban Mitra Nelayan Sejahtera berdialog dengan Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Wahyu Sakti Trenggono di Jakarta. Ini merupakan diskusi kedua setelah sebelumnya nelayan melakukan pertemuan dengan Plt Dirjen Perikanan Tangkap.

Wabup yang biasa dipanggil Safin, berharap nelayan menyambut baik program prioritas dari kementerian KP. Yakni program PNBP Pasca Produksi untuk kesejahteraan nelayan. Sebelumnya, para nelayan menolak pemberlakuan pembayaran PNBP pasca produksi lantaran dianggap memberatkan.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KP), Sakti Wahyu Trenggono memastikan program prioritas peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui skema pascaproduksi akan digunakan seutuhnya untuk perbaikan subsektor perikanan tangkap secara nasional. Ditambahkannya, perbaikan subsektor perikanan tangkap yang dilakukan mulai dari kesejahteraan nelayan sampai perbaikan infrastruktur pelabuhan perikanan di seluruh Indonesia supaya menjadi lebih modern dan higienis.

“Pembayaran PNBP pasca produksi belum diterapkan. Hasil peningkatan PNBP untuk membantu nelayan, sebagian lagi untuk nelayan tradisional, serta sisanya untuk infrastruktur dan teknologi. Melihat nelayan yang tidak maju, hati saya menangis,” kata menteri Wahyu Sakti Trenggono.

BERITA REKOMENDASI