Blora Targetkan Dapat Adipura

Editor: Ivan Aditya

BLORA, KRJOGJA.com – Pemkab Blora mentargetkan mendapat penghargaan Adipura 2018. Saat ini pemkab telah mempersiapkan segala sesuatunya terkait penilain Adipura.

“Persiapan peniaian Adipura pada tahun 2018 ini dikaitkan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional karena pengelolaan sampah termasuk dalam parameter penilaian Adipura,” lapor Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora, Ir Dewi Tejowati kepada Bupati Djoko Nugroho dalam Rakor Hari Peduli Sampah dan Persiapan Penilaian Kedua (P2) Adipura, Senin (05/03/2018).

Rakor dipimpin Bupati dihadiri Forkopimda, Asisten I dan III Setda, para Kepala OPD, Camat dan perwakilan BUMN dan BUMD se-Kabupaten Blora. Menurut Dewi, mulai tahun ini, parameter penilaian Adipura tidak hanya faktor kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah, melainkan juga pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

“Saat ini, pengelolaan sampah merupakan perhatian yang besar dari Pemerintah. Dimana Pemerintah mentargetkan pada tahun 2025, timbulan sampah yang dibuang ke TPA hanya sebesar 30%, sisanya yang 70% harus dilakukan pengelolaan dan pengolahan,” terangnya.

Berkaitan dengan memperoleh Adipura, Djoko Nugroho minta kepada seluruh OPD, lembaga swasta dan masyarakat agar menata lingkungan di sekitarnya dengan baik. “Sebenernya yang utama adalah bagaimana cara membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan bersih, rapi dan bisa mengelola sampah. Apabila masyarakat sudah sadar bagaimana harusnya menyikapi sampah, maka Adipura akan datang dengan sendirinya,” ujarnya. (Tas)

BERITA REKOMENDASI