Bulan Puasa, Sampah TPA Sukoharjo Tambah 10 Ton Perhari

Editor: KRjogja/Gus

PATI (KRjogja.com) – Memasuki pekan pertama Ramadhan, tumpukan sampah terus menggunung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo kartena. Diasumsikan volume sampah bertambah 10 ton per harinya.

“Hari sebelum puasa kami menerima 50 ton sampah per hari. Namun selama ramadhan terjadi penambahan hingga 60 ton” kata Pelaksana Teknis Pengolahan Sampah  TPA Sukoharjo, Agus Sudarmono SH MM, Sabtu (3/6).

Menurutnya, untuk mengolah sampah yang justru bertambah di bulan puasa ini, pihaknya   mengerahkan semua alat berat, seperti dump truk, begho dan kendaraan kecil yang dimiliki TPA Sukoharjo. “Selain itu, juga ada pelibatan 60 orang pemulung untuk membantu mengurai gunungan sampah” katanya.

Dia  menyatakan sambil menunggu selesainya pengerjaan proyek sanitary landfiled, maka upaya TPA Sukoharjo dalam menghadapi permasalahan volume sampah yang terus meningkat, maka sampah yang sudah tertimbun  lalu ditutup dengan tanah, kemudian membuat lubang sementara lagi guna  menampung sampah baru.

TPA desa Sukoharjo kecamatan Margorejo masuk kategori terbaik tingkat nasional. Sehingga sering menjadi ajang penelitian mengenai pengolaan sampah yang dilakukan beberapa pemkab dan stake holder. (Cuk)

BERITA REKOMENDASI