Calon Perseorangan Pilgub Jateng 2018 Harus Kantongi 1.781.606 KTP

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Calon perseorangan dipersilahkan tampil dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018. Syaratnya cukup berat yakni menyertakan dukungan sebanyak 1.781.606 Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo, Sabtu (14/10) mengatakan, calon yang maju dalam Pilgub 2018 bisa datang dari partai politik (parpol) maupun perseorangan. Calon dari parpol sudah banyak diketahui oleh semua pihak. Tapi untuk calon perseorangan belum banyak yang tahu. 

KPU Provinsi Jawa Tengah gencar melakukan sosialisasi ke sejumlah daerah terkait calon perseorangan. Hal itu dimaksudkan agar publik mengetahui mengenai sistem dan mekanisme pencalonan.

“Jalur maju dalam Pilgub 2018 bisa melalui parpol dan perseorangan. Khusus untuk perseorangan memang ada syarat tertentu seperti jumlah dukungan sebanyak 1.781.606 KTP minimal tersebar di 18 dari total 35 kabupaten kota di Jawa Tengah,” ujar Joko Purnomo.

Karena sudah menjadi syarat pencalonan maka calon perseorangan wajib memenuhi. Apabila meleset satu KTP saja maka secara otomatis dianggap gagal. Syarat calon perseorangan mengumpulkan 1.781.606 KTP sudah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017 Pasal 8-11. 

“Prosentase dukungan calon perseorangan Pilgub diatur sebanyak 6,5 persen dari jumlah DPT,” lanjutnya.

Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto mengatakan, penting sosialisasi dari KPU Provinsi Jawa Tengah. Sebab informasi mengenai pencalonan dan syaratnya perlu diketahui semua pihak. Dengan begitu maka apabila ada yang berkeinginan mencalonkan diri maju melalui calon perseorangan mereka sudah mengetahui syaratnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI