Chairman Pura Group, DR (HC) Jacobus Busono Raih Bintang Mahaputera Nararya

Editor: Agus Sigit

KUDUS, KRJOGJA.com – Pemilik dan pendiri sekaligus Chairman Pusaka Raya (Pura) Group Kudus, DR (HC) Jacobus Busono, menerima anugerah Bintang Mahaputra Nararya dari Presiden RI Joko Widodo, dalam momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara, Kamis (12/8). Penghargaan diberikan karena Jacobus sebagai pimpinan perusahaan dinilai sangat produktif dalam berinovasi di bidang kertas uang, kertas sekuriti, sistem anti pemalsuan, smart card, percetakan terintegrasi, dan teknologi terkait lainnya.

Bintang Mahaputra Nararya merupakan jenis perhargaan sipil tertinggi setingkat di bawah Bintang Republik Indonesia. Berdasarkan Undang- Undang Nomer 20 tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomer 35 tahun 2010, Bintang Mahaputeta Nararya merupakan salah satu kelas dalam tanda kehormatan Bintang Mahaputera.

Tanda kehormatan diberikan oleh Presiden kepada seseorang, kesatuan, institusi pemerintah, atau organisasi atas darmabakti dan kesetiaan yang luar biasa terhadap bangsa dan negara. Para penerimanya sekaligus akan diundang menghadiri upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2021 di Istana Negara.

“Saya sangat bersyukur pada Tuhan atas karunia-Nya, serta berterima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia dan Presiden Joko Widodo atas penghargaan yang luar biasa ini. Kiranya, pencapaian ini semakin mendorong keluarga besar Pura Group untuk terus berinovasi, karena saya yakin bahwa Indonesia mampu mandiri dan menjadi pelopor di berbagai bidang teknologi.” ujar Jacobus Busono

Sebagai salah satu putra terbaik bangsa, dia menjadi tokoh yang banyak berperan sebagai perekayasa melalui kegiatan riset, pengembangan dan inovasi industri di bidang pembuatan kertas uang dan kertas sekuriti, percetakan dan kemasan, sistem anti pemalsuan terpadu, smart card, converting, dan engineering terpadu, yang ditopang oleh penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tak hanya di dalam negeri, pengusaha bertangan dingin asal Kabupaten Kudus Jawa Tengah itu juga telah mengharumkan nama Indonesia di berbagai penjuru dunia dengan meraih berbagai penghargaan internasional. Penghargaan yang sudah diraih Jacobus Busono tak terhitung, karena banyaknya inovasi yang dihasilkan.

Penghargaan terbaru yang diraih, yakni penghargaan atas kontribusi terhadap perlindungan kekayaan intelektual dengan jumlah terbanyak dari Kementerian Hukum dan HAM. Dia pernah pula meraih kehormatan sebagai “Perekayasa Utama Kehormatan 2015” di bidang teknologi material dari Majelis Perekayasa Nasional Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Pura Group sangat mendukung program- program pemerintah dalam pengembangan teknologi dan perlindungan hak kekayaan intelektual. Setiap inovasi- inovasi yang dilakukan oleh Pura Group, selalu ditindak lanjuti untuk bisa dipatenkan sebagai hak kekayaan intelektual. Pura Group sendiri hingga saat ini sudah memiliki paten mencapai 195 buah.

BERITA REKOMENDASI