Condro Kirono Minta Polisi Terbuka Kepada Media

Editor: Ivan Aditya

KUDUS (KRjogja.com) – Polda Jawa Tengah diminta proaktif dan terbuka terhadap media, sehingga kinerja kepolisian dapat diketahui oleh masyarakat. Media memiliki posisi penting sebagai pilar keempat demokrasi. Demikian diungkapkan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, dalam kunjungan kerjanya ke Pendopo Kabupaten Kudus, Selasa (06/12/2016).

Kedatangan kapolda sekaligus untuk menyerahkan Piagam Penghargaan Kapolri kepada Bupati Kudus Musthofa, yang dinilai berjasa dalam mendukung tugas-tugas kepolisian di wilayah Polres Kudus. Dukungan pemerintah kabupaten (pemkab) diharapkan dapat meningkatkan kinerja bagi kepolisian dalam bidang kamtibmas.

“Selain dukungan pemkab, kami juga butuh dukungan media. Untuk itu Polres harus terbuka.  Kalau perlu sebelum wartawan bertanya, polisi sudah memberikan informasi apa yang diperlukan. Termasuk gelar pengungkapan kasus harus dipublikasikan kepada media,” ujar Condro.

Hal senada disampaikan Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Djarod Padakova. Pihaknya sudah menginstruksikan kepada Bagian Humas Polres untuk selalu aktif berinteraksi dan bersosialisasi dengan awak media. Jajaran Humas Polres akan dievaluasi, jika memang ada yang kurang pro-aktif terhadap media akan ditegur. “Kalau ada Humas Polres menghambat atau tidak terbuka dengan wartawan, tolong sampaikan kepada kami,” tegasnya.

Sementara Bupati Kudus Musthofa menyatakan, selain media terdapat tiga pilar penting lainnya, yakni eksekutif, legislatif dan yudikatif. Pihaknya ingin selalu menjalin hubungan baik terhadap semua pihak. Salah satunya melakukan pemberdayaan TNI-Polri sebagai bagian tak terpisahkan dari bupati selaku pemangku wilayah.

“Tugas utama pemkab adalah menyejahterakan warga- baik masyarakat secara umum  maupun dari kalangan TNI – Polri. Di Kudus ini, inflasi dan tingkat kemiskinan terendah di Jawa Tengah,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Musthofa menyerahkan sejumlah bantuan, antara mesin jahit dan peralatan salon untuk ibu-ibu Bhayangkari Polres Kudus. Diharapkan bantuan itu dapat meningkatkan kesejahtertaan anggota secara mandiri. Sedang dengan pihak institusi, Pemkab Kudus telah memberikan hibah tanah dan bangunan mapolres baru yang berlokasi di Desa Klaling Kecamatan Jekulo Kudus. (Trq)

BERITA REKOMENDASI