Dianggap Langgar UU Lingkungan, Bangunan Mapolres Baru Kudus Digugat

Editor: KRjogja/Gus

KUDUS, KRJOGJA.com – Pembangunan Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Kudus baru di Jalan Kudus-Pati kilometer 14 turut Desa Klaling Kecamatan Jekulo yang belum lama diresmikan Kapolda Jateng Irjen (Pol) Condro Kirono, digugat warga. Gedung megah bantuan hibah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus yang berdiri di atas tanah seluas 15 ribu meter per segi, dinilai melanggar undang-undang dan peraturan lain tentang lingkungan hidup.

Gugatan perdata ke Pengadilan Negeri (PN) Kudus telah didaftarkan, dengan register perkara Nomer 60/Pdt.G/2018/PN Kudus. Kapolres Kudus selaku pengguna obyek sengketa menjadi salah satu tergugat, selain Bupati Kudus sebagai kuasa pengguna APBD dan Ketua DPRD yang ikut bertanggungjawab dalam penganggaran.

Tergugat lain Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataaan Ruang (PUPR) sebagai pelaksana pembangunan, serta Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kudus sebagai pihak yang bertanggungjawab atas lingkungan hidup. 

Salah seorang penggugat, Achmad Fikri (53) warga Desa Mlati Lor Kota Kudus dalam konferensi pers, Jumat (14/12) petang mengatakan, pembangunan mapolres melanggar UU Nomer 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Selain itu tidak ada izin lingkungan, tanpa amdal dan belum ada izin mendirikan bangunan (IMB). “Kami dua kali menyampaikan somasi ke Bupati Kudus, tetapi tidak ada respon,” ujarnya.

Penggugat lain, Soleh (50) warga Desa Jepangpakis Kecamatan Jati Kudus menganggap ironis, Pemkab Kudus sebagai penyelenggara pemerintahan dan instutusi kepolisian selaku lembaga penegak hukum yang harusnya taat aturan, justru melakukan pelanggaran. Pihaknya juga siap melakukan pelaporan tindak pidana ke institusi penegak hukum lainnya atas penyalahgunaan kewenangan penggunaan hibah APBD Kudus yang diduga merugikan keuangan negara.

Gedung Mapolres baru, diresmikan 31 Juli 2018 menggantikan mapolres lama di Jalan Jendral Sudirman Kota Kudus. Di belakangnya dibangun gedung Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Prototipe Satlantas yang pembangunannya dibiayai anggaran Dipa Mabes Polri.

Sekretaris Tim Anggaran Pembangunan Daerah (TAPD) Kabupaten Kudus, Eko Djumartono membenarkan pembangunan gedung Mapolres Kudus baru menggunakan dana hibah. Total anggaran selama tiga tahun pelaksanaan pembangunan mencapai Rp 38 miliar. Selain itu anggaran kelengkapan mebeler sebesar Rp 1,8 miliar.

“Terkait masalah IMB, saat ini baru proses. Sedang soal penggunaan dana hibah APBD, hasil pemeriksaan BPK dinyatakan klir tidak ada masalah,” tegasnya. (Trq)

 

BERITA REKOMENDASI