Diduga Bermasalah, Ribuan E-KTP Dimusnahkan

REMBANG, KRJOGJA.com – Diduga bermasalah ribuan Elektronik- KTP ( E-KTP) di Kabupaten Rembang dimusnahkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Rembang. 

Akhir bulan Desember ini sebanyak 29.200 keping E KTP dimusnahkan di halaman kantor disaksikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP ) Kab REmbang Drs Waluyo dan perwakilan Polres setempat.

Kepala Dispendukcapil Kab Rembang Drs H Daenuri saat ditemui KR Rabu (26/12) membenarkan pemusnahan 29.200 E KTP karena bermsalah. "Beberapa bulan lalu kami juga melakukan pemusnahan E KTP sebanyak 25.000 E KTP karena bermasalah dan ini kami lakukan sesuai ketentuan dari Kemendagri," jawab Daenuri.
       
Berdasarkan pengamatan KRJOGJA.com hampir dipastikan setiap hari terjadi kesalahan dalam pengutipan data. Bahkan menurut sumber di Kantor setempat,diprediksi ada sekitar 200 KTP bermasalah setiap harinya. 

"Validitas data dari bawah (perangkat desa,Red) menjadi pemicu tingkat kesalahan tersebut. Pada tahun-tahun politik seperti ini, validitas data kependudukan sangatlah vital." 

Wakil Ketua DPRD Rembang Gunasih meminta pihak terkait mulai daeri Kepala Desa dan Camat lebih jeli dalam melakukan data dan rekapitulasi,sehingga tidak menyulitkan Pemkab dalam menentukan anggaran (kartu miskin dsb) serta pengelola pemilihan umum (KPU). (Ags) 
    

BERITA REKOMENDASI