Dihantam Gelombang, KLM SI Tenggelam di Perairan Karimunjawa

Editor: KRjogja/Gus

JEPARA, KRJogja.com – KLM Satria Indonesia (SI) tenggelam diperairan Karimunjawa Jepara (koordinat 05° 41 907 S/110° 18 172′ E) atau tiga mil sebelah utara pulau Parang. Kapal yang dinahkodai Eko Sudiyarso (40) berlayar dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Rencananya, kapal yang memuat sembako 394,750 ton tersebut menuju Ketapang Kalbar.

Musibah KLM SI diketahui setelah adanya laporan via handpone dari Anita (30) warga desa Kemujan Kecamatan Karimunjawa. Sejumlah nelayan di Jepara, langsung bergerak menuju ke TKP untuk memberikan pertolongan.

Keterangan yang dihimpun menyebutkan, KLM SI lepas sandar dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Rabu (31/3) malam. Namun setelah melakukan perjalanan 16 jam, ternyata mengalami musibah di sebelah utara pulau Parang Karimunjawa.

Berawal dari hujan, angin dan gelombang setinggi 2 meter, sehingga menyebabkan kapal mengalami kebocoran dibagian belakang. Sehingga air ombak masuk dari atas kapal dab mengakibatkan ruang mesin terendam air.

Kemudian Eko Sudiyarso (nahkoda) menghubungi Radio Navigasi untuk menginformasikan kejadian tersebut dan meminta pertolongan, Kamis (1/4). Kejadian semakin menegangkan, karena mesin kapal mati. Karena keadaan tidak bisa ditanggulangi, akhirnya memaksa nahkoda beserta ABK menyelamatkan diri melompat dari kapal, kemudian menggunakan rakit.

BERITA REKOMENDASI