Dishub Kudus Launching Siap Pandu

Editor: KRjogja/Gus

KUDUS, KRJOGJA.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus siap menambah kebutuhan perlengkapan jalan, untuk memberikan petunjuk dan panduan bagi pengguna jalan dalam berkendara. Hal itu penting untuk  menghindarkan diri dari kecelakaan lalu lintas di jalan.

Demikian disampaikan Kepala Dishub Kudus Abdul Halil, dalam pembukaan sosialisasi dan soft launching Sistem Inspeksi Perlengkapan Jalan Terpadu (Siap Pandu) di kantor dishub setempat, Kamis (25/10).  Kegiatan dihadiri instansi terkait, di antaranya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH), Polres dan perwakilan sembilan kecamatan di Kudus.

Menurutnya, untuk mencegah kecelakaan lalu lintas di jalan raya, perlu adanya partisipasi para pemangku kepentingan, pemberdayaan masyarakat, penegakan hukum dan kemitraan global. "Koordinasi, kolaborasi, kemitraan dan peran serta masyarakat merupakan kunci utama dalam mewujudkan keselamatan lalu lintas," ujarnya.

Sebagai bentuk kordinasi  antar instansi dan memberikan pelayanan masyarakat, Dishub menyediakan aplikasi Siap Pandu  yang dapat diunduh melalui gawai berbasis Android.

"Aplikasi Siap Pandu akan memudahkan instansi terkait melakuka berkoordinasi," ungkapnya.

Sedang manfaat bagi masyarakat, melalui aplikasi itu dapat mengunggah segala kebutuhan perlengkapan jalan hanya dengan mengunggah lokasi. Setelah itu oetugas terkait secara bersama- sama tinggal melakukan survei di lapangan.

"Jadi masyarakat tidak perlu lagi berkirim surat mengajukan permintaan perlengkapan jalan," terangnya.

Saat ini, Dishub telah memasang perlengkapan jalan berupa rambu lalu lintas sebanyak 2.606 unit, trafic light simpang 32 unit, warning light 98 unit, cermin tikung 187 unit, dan guadrail 4.649 meter. Sedang perlengkapan jalan dari Dinas PKPLH yaitu Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) sebanyak 5.403 unit. (Trq)

 

BERITA REKOMENDASI