Ditengah Pandemi, Tino Ajak Kaum Muda Berwirausaha

KENDAL, KRJOGJA.com – Relawan Tino Mustamsikin (TIM) menggelar pelatihan Barista untuk kaum muda dan milenial. Acara digelar di Cafe Tengah Sawah Boja Kamis (1/10/2020). Meski untuk kalangan muda di Kecamatan Boja, namun ada beberapa petani dan pemilik warung kopi bergabung mengikuti acara pelatihan. Budiono koordinator Bolo Ngopi Boja mengatakan budaya ngopi bagi warga Boja sudah merupakan kebiasaan sehari-hari.

Sebelum maraknya cafe yang menyediakan ragam penyajian kopi kekinian, warga Boja sudah terbiasa nongkrong di warung kopi. “Nongkrong di warung kopi dari dulu jadi budaya tidak hanya orang tua, namun juga anak-anak,” ujar Budi. Kopi cete biasanya di oleskan pada sebatang rokok, menjadi sajian tersendiri.

Seiring dengan perkembangan jaman, kini kopi tersaji dalam ragam sajian dan banyak varian baru yang lebih nikmat meski berbahan dasar kopi.

Pelatihan Barista sendiri digelar relawam TIM dengan mendatangkan Henry christianto Barista dari Muhammad Herviano Foundation (MHF). Kepada peserta Henry memperkenalkan ragam penyajian kopi yang saat ini lagi digemari. Bagi kaum muda pelatihan Barista tentu akan membuka peluang usaha dan bagi pemilik warung kopi dan petani kopi adalah pengembangan usaha.

BERITA REKOMENDASI