DIY Masuk 10 Besar, Jateng Juara Umum MQK Nasional

JEPARA, KRJOGJA.com – Usai sudah perhelatan Musabaqah Qira’til Kutub (MQK) Tingkat Nasional ke- VI tahun 2017 di Pondok Pesantren (Ponpes) Roudlotul Mubtadiin Balekambang, Desa Gemiring Lor Kecamatan Nalumsari Jepara yang diikuti 1.456 santri. 

Sebagian besar kafilah yang berasal dari 34 provinsi se- Indonesia, Rabu (6/12) mulai meninggalkan tempat berlangsungnya MQK setelah ditutup malam harinya.

Penutupan dilakukan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof DR H Kamarudin Amin MA,  ditandai pengumuman juara di masing- masing majelis dan juara umum MQK. Pada kegiatan MQK Tingkat Nasional ke-VI ini, Jawa Tengah keluar sebagai juara umum.

Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masuk dalam '10 besar' kafilah Kanwil Kementerian Agama Provinsi terbaik, bersama Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Aceh, Kalimantan Timur, Banten, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Tengah Farhani mengatakan, kegiatan MQK nasional di Jepara yang diikuti para santri berjalan lancar. Kegiatan MQK dalam rangka merevitalisasi kajian kitab kuning dan pesantren. Tradisi itu terus dipelihara dengan beberapa peningkatan. Mulai tahun depan, MQK digelar dua tahun sekali.

MQK kali ini diikuti 35 kafilah mewakili 34 provinsi, ditambah kafilah Ponpes Roudlotul Mubtadiin Balekambang. Total terdapat 25 majelis  yang berkompetisi, terbagi dalam tingkatan dasar, menengah, dan tinggi. Sedang tiga majelis berisi debat bahasa Arab, Inggris dan ekshibisi.  (Trq/Isi)

BERITA REKOMENDASI