Dua Sungai Meluap, 215 Warga Pekalongan Mengungsi

PEKALONGAN, KRJOGJA.com – Sedikitnya 215 warga mengungsi akibat banjir melanda Kota Pekalongan Jawa Tengah (Jateng) imbas sejumlah sungai besar meluap setelah diguyur hujan deras.

Humas Basarnas Jateng Zulhawary Agustianto mengatakan, hujan terjadi sejak Sabtu 26 Januari pukul 17.15 WIB. Hujan dengan intensitas tinggi berlangsung hingga pukul 04.30 WIB. "Juga terjadi luapan dari luhu sungai yang ada di Kota Pekalongan hingga mengakibatkan Sungai Bremi, Sungai Loji, dan Banger meluap. Akibatnya permukiman warga yang berada di dekat sungai yang tegenang," kata Zulhawary, Minggu (27/1/2019).

Menurutnya, genangan banjir mulai terpantau pada pukul 00.15 WIB. Lokasi terdampak yakni hampir di seluruh Kota Pekalongan tetapi yang terparah di Kecamatan Pekalongan Utara dan Kecamatan Pekalongan Barat.

"Upaya yang dilakukan mengevakuasi warga yang terdampak. Untuk korban terdampak yakni sebanyak kurang-lebih 215 warga harus mengungsi. Posko sementara yang disiapkan petugas adalah Masjid Al Karomah, Musala Al Ikhlas, Kelurahan Tirto, dan Markas PMI kota Pekalongan," tuturnya. (*)

BERITA REKOMENDASI