Empat Desa di Singorojo Kini Bisa Nikmati Internet

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Warga empat desa yang selama ini menjadi daerah yang tidak bisa ditembus jaringan internet, kini sudah bisa menikmati jaringan internet gratis dari Pemerintah Kabupaten Kendal. Melalui pilot project empat desa ini dipasang jaringan internet dengan kapasitas tinggi, dengan harapan mampu meningkatkan perekonomian dan keterbukaan informasi. Rencananya enam desa yang menjadi blank spot lainnya akan segera dipasang jaringan internet.

Empat desa yang menjadi percobaan pemasangan jaringan internet yakni Desa Kertosari, Cacaban, Kalirejo dan Trayu Kecamatan Singorojo Kendal. Empat desa di kawasan selatan Kendal ini sebelumnya menjadi daerah yang tidak bisa ditembus jaringan internet atau blank spot.

Baca juga :

Kendal Bakal Miliki Kawasan Budidaya Ikan Air Tawar
Kawasan Industri Kendal Bakal Jadi KEK

Dengan teknologi informasi komunikasi pedesaan, wilayah yang sulit dijangkau jaringan internet didirikan base transceiver station atau  BTS internet. Percontohan di empat desa itu mengurangi jumlah desa yang masuk dalam blank spot yang sebelumnya ada 10 desa dan berada di wilayah perbukitan.

Kasi Infrastruktur Teknologi Informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal, Ahmad Syahrul Falah mengatakan BTS yang didirikan itu berkapasitas besar. “Nantinya warga di empat desa bisa memanfaatkan fasilitas internet gratis dan bisa digunakan untuk mencari informasi ataupun meningkatkan perekonomian. Pasalnya banyak potensi dari warga yang bisa dikembangkan melalui jaringan internet dengan berjualan online,” jelasnya.

Sementara Bupati Kendal Mirna Annisa menyambut bangga launching desa internet. Diakuinya masih ada enam desa yang masuk dalam wilayah yang sulit ditembus jaringan internet, namun dengan percontohan di empat desa itu nantinya seluruh desa di Kendal bisa menikmati jaringan internet secara gratis.

“Saat ini empat desa jadi percontohan nantinya tahun depan empat desa lagi akan didirikan jaringan internet agar bisa menikmati internet gratis. Harapannya 2020 seluruh desa di Kendal bisa terjangkau layanan internet,” kata bupati.

Launching yang dikemas dengan ngopi bareng itu juga diluncurkan kopi khas Kendal yang asli dari Getas Singorojo. Kopi gempol nantinya akan menjadi brand kopi Kendal sehingga bisa menjadi kebanggaan warga Kendal. (Ung)

BERITA REKOMENDASI