Empat Tahun Menunggu, Masalah Buruh PR Gentong Gotri Rampung

KUDUS, KRJOGJA.com – Buruh Perusahaan Rokok (PR) Gentong Gotri Kudus, Jumat (28/12) ini menerima dana jaminan hari tua (JHT) tahap kedua, menyusul pencairan pertama akhir November 2018. Pelunasan JHT yang menjadi hak 1.151 buruh itu merupakan bagian dari penyelesaian persoalan yang sudah berjalan hampir empat tahun, karena perusahaan mengalami kesulitan finansial. Berbagai persoalan kini mulai terurai.

Kuasa Hukum Buruh PR Gentong Gotri, Daru Handoyo mengatakan, pihaknya menghargai itikad baik perusahaan yang masih peduli dengan tuntutan buruh, meski tidak dapat memenuhi sesuai harapan. Besaran JHT Rp 265 juta, sesuai janji akhir tahun ini tuntas.

Pembayaran JHT tahap pertama sebesar  Rp 135 juta telah dilakukan Rabu (28/11), dan kedua Rp 130 juta dituntaskan Jumat (28/12) ini. Pembagian dana JHT dibagikan kepada buruh di Kantor Lingkungan Industri Kecil (LIK) di Desa Megawon Kecamatan Jati Kudus. Mekanisme pembayarannya melalui Pengurus Unit Kerja (PUK) PR Gentong Gotri setempat.

Menurutnya, selama ini dana JHT buruh PR Gentong Gotri tersimpan di Kantor Pusat Koperasi Karyawan Industri Rokok Kudus (PKKIRK). Belakangan dana JHT diketahui dikembalikan lewat transfer ke rekening kantor pusat perusahaan di Semarang, setelah koperasi tutup pada Desember 2017.  

Meski besaran tak sesuai tuntutan, buruh yang menunggu lama tanpa kejelasan pemutusan hubungan kerja (PHK) akhirnya menerima JHT sebagai langkah win- win solution. Berikutnya, pihaknya akan memperjuangkan pesangon buruh, dan diharapkan sebelum hari raya Idul Fitri 2019 semuanya sudah tuntas. “Kalau tidak, beban perusahaan semakin berat karena harus membayar tunjangan hari raya (THR) buruh,” terang Daru. (Trq)

BERITA REKOMENDASI