Fasilitas Penanganan Pasien Covid-19 di Pekalongan Bakal Ditingkatkan

PEKALONGAN, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy melakukan kunjungan kerja ke RSUD Bendan, Kota Pekalongan, Selasa (29/9/2020).

Menko Muhadjir mengatakan bahwa kunjungannya ke RSUD Bendan untuk melihat sejauh mana layanan kesehatan rumah sakit, terutama menyangkut penanganan penyakit prioritas seperti Tubercolosis (TBC), HIV, dan Stunting.

“Tadi kami sudah diskusi dengan Direktur Rumah Sakit (RSUD Bendan) terkait apa saja yang diperlukan untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di sini, termasuk soal penanganan Covid-19,” ujar Menko PMK.

Khusus soal Covid-19, Menko Muhadjir menaruh perhatian khusus kepada RSUD Benda. Pasalnya, sarana dan prasarana rumah sakit pelat merah tersebut masih perlu ditingkatkan. Misalnya penambahan ventilator, ruang ICU, dan jumlah ruang rawat pasien.

Menko PMK memastikan akan segera melakukan koordinasi untuk membantu peningkatan layanan kesehatan di RSUD Bendan, utamanya menyangkut penanganan kasus Covid-19.

Dijelaskan Menko PMK, di RSUD Bendan saat ini memang terdapat Lab Biosafety (BSL) 2 baru untuk menguji spesimen Covid-19 pasien positif di Pekalongan dan sekitarnya. Hanya saja belum bisa beroperasi lantaran sejumlah keterbatasan, salah satunya ketersediaan alat ektraksi otomatis dan reagen. Sedangkan alat tes PCR sudah ada dengan kemampuan hingga 94 spesimen.

BERITA REKOMENDASI