Film Tolak Pungli Sabet Piala Kemenkoplhukam

PATI, KRJOGJA.com – Film pendek yang menceritakan tolak pungutan liar di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) berhasil menyabet juara I pada lomba yang digelar Kemenkopolhukam.

“Sangat tidak menyangka kalau akan juara I. Karena, bintang pendukungnya saja, hanya karyawan internal sendiri. Penyerahan piala di kantor Kemenkopolhukam, Jumat (18/12)”. Demikian diungkapkan Kepala DPMPSP Pati, H Sugiyono AP MSI, Kamis (17/12).

Menurut pejabat kelahiran Blora ini, yang membuat dirinya bahagia dan bangga, momen menghadap Menkopolhukam (Jumat, 18/12), karena merupakan peristiwa kedua ketemu menteri hanya dalam kurun sepekan. “Karena Rabu (16/12) lalu, saya mengawal pak Menteri PAN RB, Cahyo Kumolo saat meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Pati” ujarnya.

Film pendek durasi 3 menit yang digarap karyawan DPMPSP Pati, berawal dari penugasan bupati Haryanto. Setelah mendapat permintaan dari Wakapolres Pati mengenai lomba film pendek. Akhirnya ditemukan ide. Lalu digarap. Yakni berkisah mengenai seorang investor yang mau mengajukan ijin usaha. Ketika diperiksa berkasnya, ternyata ditemukan salah data peruntukan. Namun investor siap memberi uang pelicin berapapun jumlahnya, asal ijin bisa terbit.

“Segepok uang sogokan saya tolak. Karena termasuk kategori pungli. Justru investor kita arahkan untuk memenuhi persyaratan, sesuai usaha yang akan dikelola” tutur Sugiyono. ( Cuk).

BERITA REKOMENDASI