Gandeng Pokdarwis, UIN Sunan Kalijaga Kembangkan Desa Terban Kudus

KUDUS, KRJOGJA.com – UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bersama Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) desa Terban Kudus melaksanakan pengabdian masyarakat bertajuk “Optimalisasi Fungsi Masjid dan Pemberdayaan Potensi Wisata di Masa Pandemi”, dengan pembuatan peta wisata di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Jum’at (21/08).

Acara peresmian peta wisata berlangsung di Aula Balai Desa Terban bersamaan juga penutupan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 102 kelompok 103 yang sudah berlangsung selama satu bulan. Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan sekaligus Plt Ketua LPPM UIN Sunan Kalijaga Dr. Moh Soehadha S.Sos., M.Hum, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat Didik Krisdiyanto, S.Si., M.Sc, Kepala Desa Supeno Aji Soko dan jajarannya, serta tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat, seperti Karang Taruna, Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dan IPNU-IPPNU Desa Terban. Para pemenang lomba fotografi, bacaan sholat dan hafalan do’a yang dilakukan secara online juga turut hadir dalam acara tersebut.

Supeno Aji Soko mengatakan desa Terban yang sebagian wilayahnya berada di bukit Patiayam memiliki banyak potensi wisata, seperti bukit Sumprit, Museum Purbakala Patiayam, Gardu Pandang, Air Terjun Grenjengan, dan masih banyak lagi.”Peta Wisata ini akan sangat membantu bagi pengunjung dan wisatawan yang akan berlibur di desa ini”. tutur Supeno.

Sementara itu Moh. Soehadha menjelaskan peta wisata ini inisiatif dari mahasiswa sendiri yang proses pembuatannya meliputi diskusi bentuk peta bersama Pokdarwis, mapping, pengumpulan data wisata dan batas desa melalui Badan Pusat Statistik Kabupaten Kudus, pembuatan peta, dan pengarahan pemasangan lokasi peta oleh Kepala Desa Terban. Peresmian peta wisata dilaksanakan di depan Tugu Wisata Desa Terban.

BERITA REKOMENDASI