Gugatan Diterima PN Kudus, Gedung Mapolres Belum Ber-IMB

KUDUS, KRJOGJA.com – Pendaftaran gugatan perdata terkait pembangunan gedung Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Kudus baru di jalur pantura timur kilometer 14 Desa Klaling Kecamatan Jekulo, secara resmi diterima Pengadilan Negeri (PN) setempat. Gugatan dengan register perkara Nomer 60/Pdt.G/2018/PN Kudus, mendapatkan cap stempel dan dibubuhi tandatangan panitera PN Kudus, Hasan Udi.

Gugatan diajukan karena pembangunan mapolres yang belum lama diresmikan Kapolda Jawa Tengah Irjen (Pol) Condro Kirono itu dinilai melanggar undang- undang dan peraturan lainnya terkait lingkungan hidup. “Gugatan kami sudah diterima PN Kudus lengkap stempel, nomer register dan tandatangan panitera,” ujar salah seorang penggugat Soleh (50) warga Desa Jepangpakis Kecamatan Jati Kudus.

Hal paling dikritisi dalam gugatan itu terkait bangunan megah mapolres yang belum miliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan berdiri di lahan hijau. Hal itu setelah penggugat melakukan pengecekan ke pihak desa dan Dinas Pertanian dan Pangan.

“Kawasan itu termasuk lahan hijau pertanian dan belum dapat dikeringkan,” ungkapnya.

Pihaknya juga sudah mengecek ke dinas terkait status lahan, mendasarkan Perda Nomor 16 Tahun 2012 Tentang Tata Ruang dan Tata Wilayah (RTRW), belum ada perubahan. Artinya, wilayah tersebut masih kawasan pertanian atau hijau. Kalau pun ada usulan perubahan RTRW, masih dalam proses.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Revlisianto Subekti, ketika dikonfirmasi membenarkan bangunan gedung Mapolres belum ber-IMB. Beberapa waktu lalu pihak Polres pernah menanyakan proses perizinan.

“IMB baru kami proses setelah ada berkas persyaratan masuk. Sejauh ini kami belum pernah menerima,” terang Revli.

Berkas dimaksud yaitu UKL-UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup), izin lingkungan, dan Andalalin (Analisa Dampak Lalu Lintas). Pihaknya tetap melakukan penerapan perizinan secara prosedural. Artinya, bila semua persyaratan sudah lengkap, langsung diproses.(Trq)

BERITA REKOMENDASI