Hari Ini Bendungan Logung Siap Digenangi Air

KUDUS, KRJOGJA.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap melaksanakan proses pengisian air atau impounding di Bendungan Logung, Kabupaten Kudus, pada hari ini Selasa 18 Desember 2018.

"Bendungan Logung di Kabupaten Kudus besok bakal diisi (air)," ungkap Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi, Senin (17/12/2018) malam.

Pembangunan Bendungan Logung dimulai pada 2015 lewat Kerja Sama Operasi (KSO) antara PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Nindya Karya (Persero).

Waduk ini memiliki tinggi 56 meter dengan panjang 350 meter dan mampu menampung air sebanyak 20,15 juta meter kubik, dengan volume efektif sebesar 13,72 juta meter kubik. Kehadirannya diyakini dapat menambah luas permukaan sawah yang dapat diairi hingga sekitar 5.296 hektare (ha).

Hari Suprayogi menyampaikan, bakal ada satu bendungan lain yang dalam waktu dekat ini akan rampung tahap konstruksinya, yakni Bendungan Kuningan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

"Bendungan Kuningan selesai konstruksi di bulan Januari 2019," sebut dia.

Dia juga turut mencermati usulan mengenai proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Bendungan Jatigede, yang kabarnya akan menarik pihak luar untuk diajak berkoordinasi lewat skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"Itu masih dikaji. Jadi salah satu skema yang coba didorong untuk penyaluran SPAM Jatigede ini ya lewat KPBU," ujar dia.(*)

BERITA REKOMENDASI