Hindari Calo, Rekruitmen CPNS Tanpa Biaya

KUDUS, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Kudus membuka rekruitmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebanyak 438 formasi. Jadwal sementara pelaksanaan CPNS mulai 19 September hingga proses seleksi Desember 2018. Rekruitmen tanpa dipungut biaya sepeser pun, sehingga masyarakat diminta tidak menanggapi pihak tertentu atau calo yang menawarkan mampu meloloskan peserta menjadi aparatur sipil negara.

Sekretaris daerah (Sekda) Kudus, Sam’ani Intakoris mengatakan, jumlah usulan formasi CPNS Kabupaten Kudus sebanyak 509 formasi. Namun hasil penetapan formasi CPNS dari Kementerian Pendayagunaan Aparatus Negara Reformasi dan Birokrasi (PAN RB) yang dibuka tahun ini hanya 438 formasi CPNS.

Masing – masing kategori umum guru sebanyak 362 formasi, tenaga kesehatan 35 formasi, teknik 12 formasi dan khusus tenaga honorer K2 sebanyak 29 formasi. “Penerimaan CPNS dilakukan Panitia Seleksi Nasional Badan Kepegawaian Nasional (Panselnas BKN), sedang Pemkab Kudus hanya memfasilitasi,” ungkapnya, Rabu (12/9/2018).

Pelaksanaan seleksi CPNS 2018 menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang dikoordinasikan oleh BKN. Sistem ini diyakini ampuh untuk menghilangkan praktek kecurangan dalam proses seleksi CPNS. Terkait dengan rincian jabatan dan pendidikan yang diambil menunggu pengumuman resmi dari Pemkab Kudus setelah berkoordinasi dengan Panselnas BKN.

Sementara itu, jumlah PNS di Kabupaten Kudus saat ini sebanyak 7.275 orang. Jumlah itu masih kurang, karena idealnya kebutuhan PNS di 'Kota Kretek' ini mencapai 10.050 orang.

“Setiap tahun PNS kita berkurang rata- rata 225-250 orang. Sedang perekrutan CPNS beberapa ditiadakan setelah adanya moratorium,” katanya.(Trq)

 

BERITA REKOMENDASI