Imigrasi Pati Deportasi 59 WNA

PATI (KRjogja.com) –  Kantor Imigrasi Pati telah mendeportasi 59 Warga Negara Asing (WNA) karena melanggar aturan serta mensinyalir wilayah Blora dan Jepara menjadi sasaran WNA.

"Blora dan Jepara sangat menarik perhatian WNA sehingga sering ditemukan pemalsuan visa. WNA di Blora karena ingin belajar pengeboran minyak di Cepu. Sedangkan di Jepara karena ingin mendapatkan pekerjaan, " kata Kasi Pengawasan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas II Pati, Sigit wahyuniarto, Kamis (10/11/2016).

Sigit mengungkapkan beberapa kasus WNA yang ditangani kantor Imigrasi Pati.  adalah 51 mahasiswa asal Timor Leste yang melakukan Kuliah Kerja Nyata di pusdiklat Migas Blora. 

"Mereka menggunakan visa wisata, bukan visa belajar. Lalu, ditangkapnya seorang pekerja asal RRC. Pria bernama Yang Daqiang ditemukan sebagai pekerja control quality di sebuah perusahaan. Padahal dalam dokumentasinya, dia datang sebagai wisatawan." 

Sigit menambahkan dari hasil pemeriksaan, Yang Daqiang dianggap melanggar pasal 75 ayat I undang-undang nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian. Beberapa WNA yang sudah dideportasi, diantaranya berasal dari Arab Saudi, Taiwan, Korsel, China dan Belanda. (Cuk)

BERITA REKOMENDASI