Jelang Akhir Tahun, Jumlah Terpapar Covid-19 di Pati Masih Tinggi

Editor: KRjogja/Gus

PATI,KRJOGJA.com – Hingga menjelang akhir tahun 2020, jumlah pasien dan korban Covid19 di Pati (Jateng) masih tinggi. Diantara yang terpapar virus Corona, sekarang menyasar ke kalangan anggota DPRD Pati. Diduga mereka tertular, karena sering melakukan kunjungan kerja (kunker) ke luar daerah.

Keterangan yang dihimpun menyebutkan, anggota DPRD Pati yang terpapar Covid19, kini mengikuti program isolasi mandiri. Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan pasien saat libur Natal dan Tahun Baru 2021, RSUD Soewondo Pati mendirikan tenda darurat, berukuran 15 meter di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD). Di dalam tenda disediakan peralatan medis dan 10 tempat tidur pasien, serta dipasang AC.

Plt Direktur RSUD Soewondo Pati, Pirno mengatakan, tenda sengaja dipasang karena ruangan (bangsal) sudah penuh pasien. Keadaan yang sama juga terjadi di sejumlah rumahsakit swasta di Pati. Karena bangsal tidak mampu menampung pasien rawat inap, terpaksa pasien ditempatkan sampai di pintu rumahsakit.

Direktur LBH Advokasi Nasional, Maskuri Alfathy SH mengingatkan pemkab Pati supaya menyediakan fasilitas isolasi mandiri yang lebih banyak. “Jangan terjadi isolasi mandiri di rumah, karena justru berpotensi memicu penyebaran lantaran disiplin rendah” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI