Jokowi Resmikan Bendungan Randugunting

Editor: Ivan Aditya

BLORA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Randugunting Kecamatan Japah Blora Jateng, Rabu (05/01/2022). Bendungan seluas 187 hektare dan bisa menampung air sebanyak 14,42 juta meter kubik tersebut dibangun menggunakan APBN tahun 2018-2022, dengan nilai kontrak Rp 880 miliar dikerjakan oleh PT Wijaya Karya Tbk. Bendungan Randugunting ini merupakan Bendungan yang ke-14 diresmikan di tahun 2021 dari total 61 bendungan yang akan dibangun sampai 2024 mendatang.

Tiba di lokasi, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Ganjar Pranowo, Pangdam IV Diponegoro, dan Kapolda, menyempatkan menebar bibit ikan dermaga bendungan. Dilanjutkan menyeberang ke dermaga dua menggunakan perahu naga, untuk melaksanakan penanaman pohon jati. Setelah itu Jokowi menandatangani prasasti.

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan, Bendungan Randugunting dapat mengaliri sawah seluas 650 hektare yang berada di Kabupaten Blora, Rembang dan Pati. “Dengan selesainya Bendungan Randugunting ini. ketahanan pangan kita dan kemandirian pangan semakin baik. Kunci dari ketahanan pangan adalah air, dan air itu akan ada kalau kita memiliki waduk atau bendungan sebanyak-banyaknya,” katanya.

Selain berfungsi untuk pertanian, Bendungan Randugunting juga menambah daya tarik pariwisata di Kabupaten Blora dan sekitarnya. “Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan dengan mengucapkan Bismillaahirrohmaanirrohiim Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora di Provinsi Jawa Tengah pada siang hari ini saya nyatakan diresmikan,” tegas Jokowi.

Usai berpidato Jokowi menyempatkan berdialog dengan petani dan warga lokal. Setelah itu dilanjutkan menanam pohon yang didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Bupati Blora, Arif Rohman.

Kepala BBWS Pemali Juwana, Muhammad Adek Rizaldi mengatakan, Bendungan Randugunting selain untuk pertanian, juga untuk penyedian air baku 100 liter/detik untuk Kabupaten Blora, 50 liter/detik untuk Kabupaten Rembang, dan 50 liter/detik untuk Kabupaten Pati.

Sebelum ke Blora, Jokowi sempat melakukan kunjungan kerja ke Grobogan, dengan menyerahkan bantuan bagi pedagang kaki lima dan warung di Pasar Induk Purwodadi. Setelah itu, Jokowi meresmikan Gedung SDN III Nglinduk Kecamatan Gabus, sekaligus menyaksikan pelaksanaan vaksinasi bagi anak yang digelar di halaman SD tersebut, serta menyerahkan paket sembako kepada warga setempat.

Usai dari Blora, Jokowi meluncur ke Kota Semarang meresmikan Pasar Johar dan menyerahkan bantuan tunai bagi para pedagang kaki lima dan warung yang ada di halaman depan Alun-Alun Kauman, Kota Semarang. (Tas)

BERITA REKOMENDASI