Kado Kemerdekaan, PLN Terangi 15 Desa Jateng

PEKALONGAN (KRjogja.com) -‎ Komitmen PT PLN (Persero) untuk menerangi negeri terus dilakukan, hari ini PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY melakukan peresmian penyalaan listrik pertama bagi pelanggan dalam program listrik pedesaan. Tidak kurang dari  800 Kepala Keluarga dari 9 kecamatan dan 15 desa yang tersebar di Kabupaten Batang dan Pekalongan hari ini mulai bisa merasakan listrik. 

Peresmian listrik desa baru ini dilakukan oleh Nasri Sebayang selaku Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN disaksikan oleh Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti di Dukuh Bantar Kulon Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Sebelumnya PLN telah menyelesaikan penarikan jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 20.970 meter sirkuit (mtrs), jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 13.327 mtrs dan pembangunan Gardu Distribusi sebanyak 20 buah. Dengan total investasi untuk listrik desa baru ini mencapai 5,7 miliar rupiah.

"Kami sadar kebutuhan akan  listrik tidak bisa ditawar lagi, penyalaan listrik desa ini adalah salah satu upaya kami untuk memenuhi listrik warga dan merupakan persembahan PLN bagi masyarakat di HUT Kemerdekaan RI ke 71, kami harap masuknya listrik bisa mendongkrak ekonomi warga setempat" ujar Nasri Sebayang sebagaimana keterangan persnya, Selasa (16/08/2016).

Penyalaan listrik desa ini bukan tanpa kendala, medan terjal yang sulit dijangkau dan melewati pegunungan menjadi kendala tersendiri dalam penyambungan jaringan, namun dengan bantuan Pemda setempat dan warga yang rela membantu menjadikan penyambungan ini bisa terwujud. (Tom)

BERITA REKOMENDASI