Karena Hanya Ada Calon Tunggal, Pilkades Ngablak Ditunda

PATI, KRJOGJA.com – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) Ngablak ditunda, dan diikutkan pada periode berikutnya. Berbagai pertimbangan menjadi alasan untuk penundaan Pilkades Ngablak. 

“Ini sesuai rekomendasi Bupati Pati. Opsi penundaan ditempuh karena jika tetap dilaksanakan periode Desember, akan rawan gugatan,” demikian ditegaskan Camat Cluwak, Lucky Pratugas, Kamis (5/12/2019). 

Sebelumnya, sejumlah warga Desa Ngablak menggelar demo di halaman  balai desa setempat. Mereka menuntut agar pilkades tetap digelar periode Desember ini. 

Tidak jelasnya pelaksanaan tahapan pilkades Ngablak terjadi karena hanya ada satu calon, yakni Nur Muhlisin. Sedang pendaftaran Suyana (petahana) terganjal karena kasus hukum. 

Panpel pilkades Ngablak segera melapor ke Camat Cluwak terkait hal ini. Akhirnya diputuskan untuk diundur dan akan diikutkan periode tahun 2020. 

Kuasa hukum calon Nur Muhlisin, Fatkhurohman SH menuntut agar pilkades  tetap dilaksanakan periode Desember 2019. Dengan aturan pendaftaran yang waktunya bisa diperpanjang. "Panpel bisa memperpanjang  pendaftaran lagi," ujarnya.(Cuk)

BERITA REKOMENDASI