KPU Kudus Targetkan Partisipasi 77 Persen

KUDUS, KRJOGJA.com – Tingkat partisipasi warga dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Kudus tahun 2018 diharapkan dapat melampaui target minimal 77 persen yang ditetapkan secara nasional. Sebelumnya, angka partisipasi pemilih pada pilkada Kudus 2013 mencapai 89 persen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus, Moh Khanafi mengatakan, angka partisipasi pemilih baik di gawe pilkada, pemilihan presiden (Pilpres) maupun pemilihan legislatif (Pileg) di Kudus cukup bagus. Pada Pilpres tahun 2014, angka partisipasi pemilih sebesar 76 persen, dan pileg  mencapai 81 persen.

“Kami optimis target angka partisipasi minimal 77 persen dapat terpenuhi. Kami akan berusaha tingkat partisipasi bisa lebih besar dari capaian pilkada sebelumnya sebesar 79 persen,” ungkapnya, Selasa (26/12/2017).

Karena itu, kata Khanafi guna meningkatkan angka partisipasi pemilih pada pilkada 2018- baik pemilihan bupati (Pilbup) maupun pemilihan gubernur (Pilgub), KPU terus melakukan sosialisasi. Bahkan, bersinergi dengan pasangan calon maupun parpol pengusung dan pendukung, untuk mengenalkan pilkada kepada seluruh elemen masyarakat.

Anggota KPU bidang Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat, Eni Misdayani menyatakan, peserta pilkada punya andil besar untuk mendongkrak partisipasi pemilih. “Kalau pasangan calonnya bagus, masyarakat akan berbondong-bondong datang ke TPS,” katanya.

Pilkada Kudus digelar akhir Juni 2018 nanti, dengan jumlah pemilih diperkirakan mencapai sekitar 632 ribu.  Demi suskesnya pelaksanaan pilkada, KPU mendapatkan gelontoran dana sebesar Rp 15,059 miliar yang disalurkan dalam dua tahap. (Trq)

BERITA REKOMENDASI