KPUD Pati Siapkan Kartu Suara Huruf Braile

Editor: Ivan Aditya

PATI (KRjogja.com) – KPUD Pati memastikan akan memberi perhatian khusus terhadap masyarakat penyandang disabilitas  saat menggunakan haknya dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pati Febuari 2017 mendatang.  Berdasar data yang tercatat Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI), di Pati terdapat 40 orang penyandang disabilitas.

Ketua KPUD Pati, Much Nasich  menegaskan telah melakukan sosialisasi dan simulasi terhadap para penyandang disabilitas mengenai pencoblosan kartu suara pilkada. Sayangnya, khusus untuk sosialisasi  baru menyentuh mereka para kalangan tuna daksa. “Untuk kalangan tuna netra dan tuna rungu belum dilakukan,” jelasnya kepada KRjogja.com, Rabu (24/08/2016).

Menurut Nasich, KPUD telah menyiapkan perangkat untuk membantu kalangan tuna netra dan tuna rungu, diantaranya menyiapkan surat suara dengan huruf braile serta menyiagakan petugas khusus yang akan membantu.

Ketua DPC PPCI Pati, Suratno mengungkapkan selama dilaksanakan pesta demokrasi pileg, pilkada maun pilpres,  kebanyakan penyandang disabilitas kerap tidak menggunakan haknya dalam Pemilu. Itu lantaran mereka kesulitan akses ke tempat pemungutan suara (TPS). (Cuk)

BERITA REKOMENDASI