Kreator Muda Harus Konsisten Berkarya

KUDUS, KRJOGJA.com – Seniman dan Sutradara kondang Garin Nugroho mengatakan seni pertunjukan di Indonesia terus tumbuh dan berkembang, namun belum dibarengi dengan regenerasi kreator muda yang konsisten berkarya sekaligus membangun komunitas seni di lingkungannya. 

Hal itu diungkapkan dalam program Ruang Kreatif: Bincang Seni Pertunjukan Indonesia di gedung Djarum Oasis Kretek Factory Kudus, Selasa (03/10) malam. Program yang digagas Bakti Budaya Djarum Foundation, tahun 2017 digelar di empat kota di Indonesia, yaitu Malang, Kudus, Padang Panjang dan Bandung.  Kegiatan ditujukan bagi seniman- seniman muda berbakat, baik dari kalangan mahasiswa atau pun masyarakat umum yang mempunyai gagasan kreatif, segar dan inovatif.

“Bakat- bakat baru kreator seni perlu terus ditumbuhkan dalam sebuah pertunjukan seni. Generasi kreator muda mendatang harus lebih konsisten dalam berkarya,” pinta Sineas Garin Nugroho, didampingi Aktris dan Pembina Teater Abnon Jakarta, Maudy Koesnaedi dan Program Officer Bakti Budaya Djarum Foundation, Billy Gamaliel.

Dia berharap, melalui program bincang kreatif dapat melahirkan para seniman muda Indonesia di dunia seni pertunjukan yang mampu bersaing di dalam maupun luar negeri. Program ini terbuka untuk seniman muda berusia maksimal 30 tahun yang tergabung dalam komunitas seni.

Peserta dapat mengikuti ruang kreatif dengan mengirimkan proposal berisi gagasan pementasan dan mengisi serta mengirimkan formulir melalui email paling lambat 30 Oktober 2017.  Sebanyak 25 peserta terpilih yang diwakili pimpinan produksi kelompok komunitas seni berhak mengikuti workshop pada 19- 22 November di Galeri Indonesia Kaya Jakarta. (Trq)

BERITA REKOMENDASI