Langgar Larangan Parkir di Kudus, Siap-siap Digembok!

Editor: KRjogja/Gus

KUDUS, KRJogja.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus siap melakukan tindakan terhadap para pengemudi kendaraan yang melanggar aturan tentang ketentuan larangan parkir di wilayah “Kota Kretek”. Tindakan itu berupa penggembokan dan atau penggembosan ban mobil atau motor yang terbukti melanggar.

Kepala Dishub Kabupaten Kudus, Abdul Halil mengatakan, dasar pengambilan tindakan diatur dalam Undang- Undang (UU) Nomer 22 Tahun 2019 Pasal 287. Selain itu Peraturan Daerah (Perda) Nomer 7 Tahun 2020 Pasal 47, dengan sanksi penggembokan dan atau penggembosan.

“Jadi jangan melanggar larangan parkir jika tidak ingin kendaraan digembok,” ujarnya, melalui Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Kabid LLAJ) Dishub setempat, Putut Sri Kuncoro, Minggu (4/4).

Namun sebelum aturan UU dan Perda ditegakkan, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait ketentuan larangan parkir. Sosialisasi berlangsung selama satu bulan, dan rencananya dimulai Senin (5/4). Selama sosialisasi, pelanggar akan diberikan peringatan dengan ditempeli stiker yang di situ tertera aturan UU dan Perda larangan parkir. Baru setelah aturan berjalan, pelanggar akan dikenai sanksi penggembokan pada kendaraannya.

“Sanksi lain yaitu penggembosan pada ban kendaraan, tapi itu belum akan kami laksanakan,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI